Connect with us

Nasional

Sepakat Tingkatkan Kerjasama UMKM Indonesia-Malaysia

Redaksi Nolesa

Published

on

Ketua Pembina Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kementerian Koperasi dan UKM RI, Hj Rizayati ketika mengikuti zoom meeting dalam rangka Peringatan Hari Usahawan Nasional Malaysia

Jakarta, NOLESA.COM – Ketua Pembina Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kementerian Koperasi dan UKM RI, Hj Rizayati mewakili Indonesia pada zoom meeting dalam rangka Peringatan Hari Usahawan Nasional Malaysia oleh Dewan Perniagaan Usahawan Kecil Malaysia (DPUKM).

Peringatan Hari Usahawan Nasional Malaysia ini dilaksanakan di Kuala Lumpur pada Senin, 31 Januari 2022 kemarin.

Salah satu rangkaian dari acara tersebut yakni mengundang para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari seluruh Dunia via zoom meeting, termasuk perwakilan Indonesia.

Pada zoom meeting itu, Hj. Rizayati yang merupakan perwakilan Indonesia disapa oleh Dato’ Sri Abu Hasan bin Mohd Nor, selaku Presiden Dewan Perniagaan Usahawan Kecil Malaysia (DPUKM)

Baca Juga :  Dipimpin Kiai Miftachul Akhyar dan Gus Yahya Presiden PKS Mengaku Siap Bersinergi dengan NU

“Ibu Riza Apa Kabar di Jakarta sana? Tahun ini kita akan kembali melanjutkan kerjasama di bidang usaha kecil menengah,” sapa Dato’ Sri kepada Hj. Rizayati.

Selaku Pembina UMKM Nasional, apa yang disampaikan Hj. Rizayati, mendapat apresiasi dari seluruh peserta zoom meeting dari berbagai negara.

Kepada awak media, Hj. Rizayati, menyampaikan bahwa Dato Sri Abu Hasan adalah teman sekaligus partner dalam mengembangkan UMKM selama ini.

“Sebelum pandemi Covid 19 melanda dunia, beberapa kerja sama di bidang UMKM antara Indonesia dan Malaysia telah dilakukan, diantaranya ekspor impor produk kerajinan tangan, produk kopi, produk batik, dan beberapa produk UMKM lainnya, namun di kemudian hari tertunda karena wabah Virus Corona,” terang Hj. Rizayati yang juga Ketua Umum Partai Indonesia Terang (Pinter) itu.

Baca Juga :  Di Lampung Presiden Jokowi Pantau Banyak Hal, Ini yang Utama

Bahkan penggas program Indonesia Terang pada tahun 2020 lalu mendapat gelar kehormatan Datin Sri dari komunitas Martabat Jalinan Muhibbah Malaysia (MJMM), Selangor Malaysia.

Gelar kehormatan itu diberikan berkat jalinan kerjasama bidang UMKM oleh Rizayati dengan Malaysia. Dengan kerjasama itu Rizayati dinilai berjasa dalam memasarkan produk UMKM Malaysia ke Indonesia.

“Akhir Maret 2022 ini, saya terbang kembali ke Malaysia untuk pertemuan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kuala Lumpur,” ungkapnya.

Baca Juga :  Masyarakat Berjubel Minta Foto ketika Presiden Jokowi Kunjungi Pasar Rakyat di Manado

Itu semua dilakukan oleh pengusaha sukses asal Bireuen Aceh ini, berdasarkan undangan yang telah diterima pada tanggal 24 hingga 28 Maret 2022 mendatang.

Pada kesempatan Meeting Zoom tersebut, Hj. Riza menyampaikan selamat dan sukses kepada Menteri Pembangunan Usahawan dan Koperasi Malaysia, Tan Sri Datok Sri Moh Omar yang mulai menjabat sejak 30 Agustus 2021 lalu.

“Tahnian kepada Tan Sri Datok Noh Omar yang dilantik menjadi Menteri Pembangunan Usahawan dan Koperasi Malaysia. Semoga kerjasama UMKM Indonesia dan Malaysia semakin sukses dan jaya,” harap Rizayati sembari mengucapkan selamat kepada Menteri Tan Sri Datok Sri Omar.

Penulis : Ahmad Farisi

Editor    : Rusydi

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending