Kuliah Sambil Kerja Emang Bisa?

Redaksi Nolesa

Rabu, 12 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi (nolesa.com)

Ilustrasi (nolesa.com)

Tips, NOLESA.com – Pendidikan itu penting bagi semua orang, apalagi jenjang perkuliahan sangat digemari oleh sebagian besar pelajar. Tujuan utama dari kuliah adalah bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Lalu apakah kalau tidak kuliah berarti tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang layak? Jawabannya belum pasti, pekerjaan adalah suatu kegiatan dimana kemampuan kita diuji untuk mendapatkan sebuah cuan atau penghasilan. Untuk mendapatkan suatu pekerjaan itu dibutuhkan skill atau kemampuan yang timbul dari diri kita sendiri.

Banyak orang yang sebenarnya ingin sekali kuliah tapi terhalang oleh satu faktor yaitu faktor ekonomi. Tetapi sebenarnya itu tidak bisa dijadikan sebuah alasan utama untuk kita tidak kuliah, masih ada banyak solusi yang dapat kita ambil seperti contoh mencari beasiswa atau juga mencari pekerjaan paruh waktu. Memang cukup sulit, tapi jika kita tidak mencoba bagaimana kita akan mengetahui hasilnya.

Ini adalah pengalaman saya sendiri, mungkin untuk sebagian orang ini hanyalah pencapaian yang kecil atau sepele. Tetapi bagi saya ini adalah pencapaian yang cukup besar dari saya sendiri. Saya lulus SMA tahun 2022 kemarin, saya merupakan mahasiswa gapyear. Selama setahun kemarin tentunya saya tidak hanya belajar saja, tetapi saya melakukan banyak sekali pengalaman tidak terduga salah satunya adalah saya bekerja menjadi Master Trainer dari salah satu yayasan yang ada di Jogja. Banyak sekali pengalaman pahit dan manis saya selama bekerja itu, tetapi itu bisa menjadi pembelajaran bagi saya sendiri untuk bekerja lebih keras kedepannya.

Satu tahun sudah saya bekerja di yayasan tersebut dan pada bulan Maret 2023 kemarin saya bergabung disalah satu bimbel untuk menjadi salah satu tutor. Saya masih tidak menyangka saya bisa berbagi ilmu kepada orang lain, walaupun mungkin masih dalam tahap belajar juga. Beberapa bulan sudah saya lalui tibalah disaat saya mendaftar sebagai mahasiswa menggunakan jalur tes tertulis, Sebelumnya saya tidak berharap lebih akan hal ini, tetapi siapa sangka saya diterima pada tahun 2023 ini.

Saat agenda perkuliahan dimulai memang banyak sekali kegiatan yang harus kita ikuti apalagi sewaktu awal perkuliahan. Saya memilih beberapa cara agar dapat menjalankan perkuliahan sebagai seorang mahasiswa dan juga seorang tutor les. Mungkin dari beberapa teman – teman sudah memiliki cara tersendiri untuk menghadapi keadaan itu. Di sini saya akan sharing tentang tips cara kuliah sambil kerja, yaitu sebagai berikut :

Baca Juga :  Sebenarnya Apa Manfaat QRIS Bagi Pelaku UMKM?

1. Pembagian Waktu

Permasalahan waktu merupakan permasalahan yang paling sulit untuk dihadapi oleh sebagian orang. Cara saya untuk menghadapinya adalah dengan membagi beberapa pembagian waktu sebagai berikut :

a. Waktu kuliah

Kuliah merupakan kewajiban kita sebagai seorang mahasiswa, sesibuk sibuknya kita dengan kegiatan lain tetaplah tugas utama kita adalah belajar.

b. Waktu les

Les ini merupakan kewajiban kedua bagi saya karena ini hanyalah untuk mengisi waktu luang saya saja. Jika sedang tidak ada waktu kuliah maka saya akan mengisi waktu saya dengan les tersebut.

c. Waktu main/healing

Setelah lelah dan juga pusing memikirkan kuliah dan juga pekerjaan, saya pasti akan meluangkan waktu untuk main dan berkumpul dengan teman – teman saya. Menceritakan segala hal tentang keluh kesah keseharian, bercanda tawa untuk melupakan rasa lelah kita.

2. Penentuan Skala Prioritas

Sebuah keputusan pastinya ada sebuah penentuan skala prioritas, dimana hal terpenting bagi saya akan saya nomor satukan terlebih dahulu. Seperti kuliah itu nomor satu, pekerjaan itu nomor dua, dan prioritas selanjutnya hanya untuk mengisi waktu luang seperti main, gabung organisasi, dan gabung kepanitiaan.

Baca Juga :  Tanpa Obat, Dokter Zaidul Akbar; Cegah Penyakit Degeneratif dengan Cara Ini

3. Belajar dan mengerjaan tugas

Berbicara soal kuliah pasti tidak jauh dengan kata tugas, apalagi disini kita juga dituntut untuk bisa belajar lebih mandiri. Dalam dunia perkuliahan kita dilatih untuk bisa belajar secara kelompok juga, dengan tujuan supaya di dunia kerja nantinya kita bisa bekerja secara kelompok.

4. Pembuatan Agenda

Pembuatan agenda ini saya lakukan setiap hari, walaupun tidak ditulis tetapi setidaknya saya sudah memperkirakan kegiatan apa saja yang akan saya kerjakan seharian itu. Jadi tidak akan ada jadwal yang bertabrakan nantinya.

Mungkin seperti itu saja sedikit tips dari saya sendiri, semoga bisa menjadi gambaran bagi orang yang membaca tulisan saya ini. Pesan dari saya adalah banggalah dengan pencapaian yang anda raih, jangan menilai itu berharga bagi orang lain atau tidak yang terpenting itu berharga bagi diri kalian sendiri. Sekian dari saya, terimakasih.

Penulis : Lushiana Tri Banowati/UNY

Editor : Ahmad Farisi

Berita Terkait

Mau Tampil dengan Public Speaking Keren? Ikuti 5 Langkah Sederhana ini
5 Manfaat Daun Putri Malu untuk Kesehatan Tubuh
Kiat Sukses KKN, Nomor 3 Kunci Utama
Jurus Jitu Mengatasi Masalah: Tenang dan Tetap Positive Thinking
7 Kiat Sukses bagi Gen Z, Apa Saja?
Sering Ngantuk di Tempat Kerja, Ini Cara Mengatasinya!
Inilah 3 Manfaat Kopi untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Anda Ketahui
Bahaya Mahasiswa “Kurang Ngopi”

Berita Terkait

Selasa, 16 Juli 2024 - 03:25 WIB

Mau Tampil dengan Public Speaking Keren? Ikuti 5 Langkah Sederhana ini

Selasa, 16 Juli 2024 - 02:57 WIB

5 Manfaat Daun Putri Malu untuk Kesehatan Tubuh

Jumat, 5 Juli 2024 - 00:25 WIB

Kiat Sukses KKN, Nomor 3 Kunci Utama

Sabtu, 29 Juni 2024 - 05:27 WIB

Jurus Jitu Mengatasi Masalah: Tenang dan Tetap Positive Thinking

Jumat, 28 Juni 2024 - 06:01 WIB

7 Kiat Sukses bagi Gen Z, Apa Saja?

Selasa, 25 Juni 2024 - 09:54 WIB

Sering Ngantuk di Tempat Kerja, Ini Cara Mengatasinya!

Selasa, 25 Juni 2024 - 00:01 WIB

Inilah 3 Manfaat Kopi untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Sabtu, 22 Juni 2024 - 09:13 WIB

Bahaya Mahasiswa “Kurang Ngopi”

Berita Terbaru